Pengertian, Manfaat, Elektrolisis, Sifat Air



Air mempunyai fungsi untuk menunjang kehidupan di dalamnya. Dari segi biologi, air merupakan media yang baik untuk kegiatan biologis dalam pembentukan dan penguraian bahan-bahan organik. Air merupakan komponen terbesar dalam struktur tubuh manusia. Kurang lebih 60-70% berat badan orang dewasa berupa air.



Pengertian Air
Pengertian air menurut Para Ahli :
  • Sitanala Arsyad : Air adalah senyawa gabungan antara dua atom hydrogen dan satu atom oksigen menjadi H2
  • Effendi : Air adalah salah satu sumber energy
  • Robert J. Kodoatie : Air merupakan material yang membuat kehidupan terjadi di bumi.
  • Roestam Sjarief : Air merupakan zat yang paling esensial dibutuhkan oleh makhluk hidup.
  • Sayyid Quthb : Air adalah dasar dari suatu kehidupan dan merupakan satu unsur yang dibutuhkan dalam kehidupan hingga manusia pun sangat  menantikan kedatangannya.
  • Eko Budi Kuncoro : Air merupakan suatu senyawa kimia sederhana yang terdiri atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O). Air mempunyai ikatan Hidrogen yang cenderung bersatu padu untuk menentang kekuatan dari luar yang akan memecahkan ikatan-ikatan ini.
  • Bambang Agus Murtidjo: Air merupakan substansi yang mempunya ikeistimewaan sebagai penghantar panas yang sangat baik, sehingga air di dalam tubuh lebih penting dari makanan

    Sifat-Sifat Air

    Air merupakan zat esensial bagi kehidupan. Adapun sifat-sifat yang dimiliki oleh air yaitu:
  • Air
    Dengan rumus kimia H2O adalah benda tak berbau, tak berwarna dan tak berasa.
  • Air mengalir dari tempat yang tinggi menuju permukaan rendah.
    Air Mengalir dari tempat yang tinggi menuju permukaan rendah merupakan salah satu sifat dari air, Sedangkan untuk contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagi berikut, Tandon air dibuat lebih tinggi dari pipa air, atap dibuat miring agar air dapat mengalir dari genting kebawah, saluran irigasi dibuat miring agar air dapat mengalir dengan lancar.
  • Air memberi tekanan
    Air memberi tekanan maksudnya air akan memberikan tekanan kesegala arah apabila ada suatu lubang disetiap wadahairnya, Contohnya alat penyiram tanaman, air akan menekan kesegala arah melalui lubang air, Sedangkan tekanan yang diberikan oleh air bisa beragam tergantung dari letak lubangnya.
  • Kapilaritas
    Kapilaritas adalah kemampuan zat cair untuk meresap melalui celah-celah kecil. Contohnya kain yang dicelupkan sebagian pada bak yang diisi air, kain akan menyerap air karena kain memiliki celah-celah kecil, kertas tisu yang digunakan untuk menyerap keringat dan air. Sedangkan contoh untuk bahan yang tidak dapat diserap air adalah plastik dan alumunium foil kedua benda itu sangat kedap terhadap air sehingga proses kapilaritas tidak bisa berlaku.
  • Bentuk Permukaan air selalu tenang dan datar
    Bentuk permukaan air selalu tenang dan datar contohnya jika kita menuangkan air kedalam ember maka kedudukan air akan datar, begitu pula jika ember di miringkan maka kedudukan air tetap datar. Water pas adalah contoh dari prinsip bahwa bentuk permukaan air selalu tenang dan datar.
  • Melarutkan Benda tertentu
    Zat cair melarutkan benda tertentu contohnya garam, gula, dapat dilarutka noleh air, sedangkan contoh zat yang tidak bisa larut dalam cair adalah tanah, pasir dan minyak. Fakor yang mempengaruhi suatu pelarutan benda adalah suhu air yang tinggi akan lebih cepat melarutkan dari pada suhu air yang rendah, Kecepatan mengaduk, mengaduk dengan cepat akan lebih cepat pula benda larut, Anomali air dimana pada suhu 4 derajat C volum air menyusut sampai terkecil namun bila suhu diturunkan kebawah 4 derajat C maka volumenya bertambah.
  • Berubahbentuksesuaipadatempatnya
    Air akan berubah-ubah bentuk sesuai dengan wadah yang ditempatinya. Contoh: apabila air ditempatkan pada botol maka bentuknya akan seperti botol.
  • Air mempunyaiberat
    Air memiliki berat. Contohnya apabila sebuah ember yang kosong diisi air hingga penuh maka, apabila ember tersebut diangkatakan terasa berat. Contoh: apabila ember diisi air lalu kita angkat, maka ember akan terasa berat.
  • Air dapat berubah wujud
    Air memiliki sifat dapat berubah wujud. Contohnya dalam pembuatan es batu, air yang dibungkuskan tong plastik lalu di masukan kedalam kullkas atau pendingin maka air tersebut lama kelamaan akan berubah wujud dari cair menjadi padat.
  • Dapat mengalami elektrolisis
    Molekul air dapat diuraikan menjadi unsur dasar dengan dengan mengalirkan arus listrik. Proses ini dikenal dengan elektrolisis, yaitu penguraian dua atom hidrogen penerima elektron dan membentuk gas H­­­­­­­­­­­­­­­­­­2 pada katoda, sementara empat ino OH־ bergabung dan membentuk gas O2 (oksigen) pada anoda. Gas-gas ini membentuk buih dan bisa dikumpulkan.
  • Molekul air adalah dwi kutub
    Molekul air terdiri dari dua atom hidrogen bergabung dengan satu atom oksigen pada sudut 105o. Muatan positif disebelah atom hidrogen dan negatif diselah atom oksigen.
Manfaat air dalam tubuh, antara lain :

  1. Sebagai media transportasi zat-zat gizi, membuang sisa-sisa metabolisme, transportasi hormon ke organ sasaran.

  2. Mengatur temperatur tubuh terutama selama aktifitas fisik.

  3. Mempertahankan keseimbangan Volume darah.


Euhydration : proses mempertahankan keseimbangan cairan normal.
Hyperhidration : cairan tubuh berlebihan.
Dehydration : terjadi proses pengurangan cairan tubuh.
Hypohidration : Tubuh kekurangan cairan tubuh.
Rehydration : proses pemulihan cairan untuk kembali pada kondisi euhydration.

Elektrolisis Air
Molekul air dapat diuraikan menjadi unsur-unsur asalnya dengan mengalirinya arus listrik. Proses ini disebut elektrolisis air. Pada katoda, dua molekul air bereaksi dengan menangkap dua elektron, tereduksi menjadi gas H2 dan ion hidrokida (OH-). Sementara itu pada anoda, dua molekul air lain terurai menjadi gas oksigen (O2) melepaskan 4 ion H+ serta mengalirkan elektron kekatoda. Ion H+ dan OH- mengalami netralisasi sehingga terbentuk kembali beberapa molekul air. Reaksi keseluruhan yang setara dari elektrolisis air dapat dituliskan sebagai berikut :
2H2O(l) →2H2(g)+O2(g)

Gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan dari reaksi ini membentuk gelembung pada elektroda dan dapat dikumpulkan. Prinsip ini kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan hidrogen dan hidrogen peroksida (H2O2) yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan hydrogen.


Air dan Sel by Eskasatri on Scribd


sumber buku yang aku ambil buat artikel ini :
Judul : Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan
Penerbit Andi Yogyakarta
Penulis : Drs. Djoko Pekik Irianto, M.Kes.


“Siapa yang menyampaikan satu ilmu dan orang membaca mengamalkannya maka dia akan beroleh pahala walaupun sudah tiada.”


Jangan lupa comment ya guys :)


2 comments:

Gumilang Rambang said...

ijin copass

Anonymous said...

Profilbook,.



Powered by Blogger.